4 Tips Memilih dan Membeli Komputer yang Baik - Ilmu Asep Blog

4 Tips Memilih dan Membeli Komputer yang Baik

➤ Memilih dan Membeli Komputer yang Baik
Teknologi komputer terus berkembang dengan sangat cepat. Sehingga rasanya tidak mungkin kita untuk mengikuti dan memiliki setiap perkembangan yang terjadi karena teknologi cepat baru dan cepat usang. Dalam memilih dan membeli komputer diperlukan kebijakan yaitu pertimbangan kegunaan dan alasan kita membeli komputer.
4 Tips Memilih dan Membeli Komputer yang Baik
Gambar 1.23 : 4 Tips Memilih dan Membeli Komputer yang Baik

➥ Berikut beberapa tips untuk memilih dan membeli komputer.
  1. Untuk Keperluan Sekolah / Kuliah
    Guna mendukung kegiatan belajar disekolah/kampus sering kali diperlukan komputer, baik hanya untuk membuat laporan, hingga beberapa tugas yang termasuk multimedia komputer dengan spesifikasi standar sudah cukup memenuhi kebutuhan.
  2. Untuk Keperluan Kerja/Kantor
    Biasanya digunakan untuk aplikasi komputer perkantoran seperti Ms. Office ( Word, Excel, Power Point, Access Point dll.). Komputer dengan spesifikasi standar sudah cukup memenuhi kebutuhan.
  3. Untuk Keperluan Usaha / Bisnis
    Untuk keperluan usaha /bisnis diperlukan komputer dengan spesifikasi yang sesuai dengan jenis usaha yang dilakukan. Beberapa jenis usaha seperti : warnet, rental komputer retail, dsb cukup menggunkan komputer dengan spesifikasi standar. Jenis Usaha seperti : Game Net, Advertising memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi. Sedangkan pada jenis usaha PH (production house) film dan animasi diperlukan beberapa unit komputer untuk proses render dengan spesifikasi khusus. Komputer dengan spesifikasi khusus juga digunakan untuk usaha penyedia layanan server internet (web server, mail server, database server).
  4. Untuk Keperluan Hiburan
    Sebagai alat multimedia komputer dapat digunakan untuk media hiburan. Hiburan seperti TV, film, musik, permainan (game) kecil cukup memerlukan komputer dengan spesifikasi yang cukup maksimum. apa lagi bila anda suka bermain games online atau offline seperti games Pes 2013, GTA V, Point Blank, dan games yang cukup menguras Ram Dan VGA lebih baik anda membeli komputer yang extra maksimum. 
Catatan :
Dalam membeli komputer dendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Komputer dengan spesifikasi tinggi tentu harganya juga tinggi. Dan komputer dengan spesifikasi tinggi saat ini akan menjadi usang dalam waktu sangat cepat.

Selain Spesifikasi, pertimbangan lain dalam membeli komputer adalah kepastian jaminanan garansi. Harga yang mahal tidak menjamin keawetan suatu peripheral.

  1. Sumber arus listrik AC yang stabil
    Pastikan bahwa sumber arus listrik di rumah / dikantor memiliki ground ( 3 kaki : positif, negatif, ground ). GUnakan stablilizer/UPS untuk menjaga kestabilan listrik.
  2. Power Supply yang baik, stabil dan kuat.
    Saat ii dipasaran banyak ditemukan power supply yang menawarkan daya (watt) yang tinggi, tetapi kualitas rendah (cepat down). dalam membeli komputer, pastikan kualitas power supply yang biasanya menjadi satu paket dengan casing komputer. Contoh power supply standar : Simbadda. Power supply kualitas baik : Enligt, ThermalTake, Acbel, Antec, Cooler Master.
  3. Siterm Pendingin yang Baik
    Pastikan bahwa kipas (fan) processor dan kipas casing dalam keadaan bersih sehingga dapat berputar dengan baik. Semakin banyak kipas dalam casing komputer akan membebani powe supply. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunkan kipas yang banyak. Jumlah ideal kipas casing komputer adalah 3 buah, yaitu 2 buah di bagian belakang, dan 1 buah di bagian samping. Sistem pendingin komputer berhubungan dengan casing yang digunakan. Semakin bagus bahan casing akan menyerap panas dengan cepat. Contoh casing dengan kualitas baik adalah : Enlight.
    Contoh gambar Casing Enlight
    Gambar 1.24 : Contoh gambar Casing Enlight
Itulah poin demi poin untuk memilih dan membeli komputer yang baik, dan untuk selanjutnya saya akan membawa anda kepada artikel selanjutnya tentang ⟶ Merakit Komputer....

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "4 Tips Memilih dan Membeli Komputer yang Baik"

  1. Mantap gan tutorialnya, bisa dijadikan referensi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung. Untuk Membaca "Tips Memilih atau membeli Komputer yang baik"

      Delete

Terimakasih banyak telah sempat untuk menulis komentar di blog ini, smoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Untuk info lebih lanjut silahkan anda bisa untuk menghubungi e-mail dibawah ini :

➧ admin@ilmuasep.com