Troubleshooting Komputer - Ilmu Asep Blog

Troubleshooting Komputer

➤ Troubleshooting Komputer
Sering kali komputer mmengalami gangguan (erorr) yang disebabkan oleh Virus komputer.
Troubleshooting Komputer
Gambar : Troubleshooting Komputer

Virus Komputer
Virus komputer bukan merupakan mahluk hidup seperti halnya pada manusia, tetapi berupa kumpulan kode yang membentuk program tertentu dengan tujuan mengganggu kerja komputer. Disebut virus karena sifatnya yang dapat menggandakan dan menularkan dirinya ke file dan media lain. Sistem operasi yangg sering diserang virus adalah sistem operasi windows dengan memanfaatkan kelemahan registry windows. Kerusakan yang ditimbulkan oleh virus beragam ter tergantung dari jenis virusm ada yang hanya mengganggu kerja sistem operasi, menggangu aplikasi tertentu, bahkan sampai menghapus data. Saat ini banyak beredar virus lokal seperti  : Brontok (danv variannya), W32/(varian) yang sifatnya hanya mengganggu jalannya sistem operasi windows dan biasanya aplikasi perkantoran (MS Offfice).

➧ Berikut adalah ciri-ciri komputer yang terkena virus secara umum adalah :
  1. Proses booting normal, tetap mengalama gangguan/terasa lebih lambat setelah masuk windows,
  2. Operasional komputer terasa lambat dari biasanya
  3. Data-data tertentu hilang (disembunyikan),
  4. Aplikasi tertentu tidak dapat dikalankan,
  5. muncul peringatan/pesan-pesan tertentu.
  6. tipe dan ukuran file terlihat berubah serta muncul file-file baru yang tidak dikenali
Virus komputer dapat dihapus dan dicegah dengan pogram Anti-virus serperti : McAfee, Norton Anti-Virus, Kaspersky, AVG, avast anti virus dll.

➧ Langkah-langkah praktis menghapus virus komputer.

  1. Buat emergency disk dari komputer lain yang tidak terkena virus. emergenccy disk yang banyak digunakan seperti : Bart PE, Hrens BootCD, 911 Rescue Disk. jangan lupa gunakan update data virus terbaru untuk program anti-virus ang erdapat dalam emergency disk.
  2. Hidupkan komputer yang terkena virus dengan boot dari CD ( emergency disk ) yang teah di buat.
  3. Gunakan fasilitas scan virus yang terdapat pada emergency disk untuk mencari dan membershkan pada drive C, jika perlu hapus file ang terkena virus ( untuk file yang tidak penting ).
  4. Ulangi langkah 3 untuk tiap drve anda seperti ( D:, E: atau Flashdisk)
  5. Hidupksn ulang ( restart ) komputer.
  6. Bersihkan regitry windows denan program khusus seperti  : Jv16 Power Tools, Registry Cleaner, dll.
  7. Hidupkan ulang komputer andda (restart) komputer.
Jenis virus tertentu dapat dihapus secara manual, yaitu dengan cara mematikan proses program birus yang aktif, lalu menghapus file-file virus dan membersihkan registry windows. Namun hal tersebut memerlukan pengalaman dan pengamatan khusus.

➧ Langkah-langkah mencegah virus komputer.
  1. Install program anti-virus pada komputer dan aktifkan proteksi pada proses yang berjalan
  2. perbarui (update) data pada program anti-virus secara berkala. Proses ini memerlukan koneksi internet, yaitu dengan cara Download file update dari situs web anti-virus yang digunakan.
  3. jika tidak diperlukan, hindari menggunkan flash diks/hardisk yang dimiliki di tempat-tempat seperti warnet dan rental.
  4. jika menggunakan jaringan (LAN) dan internet, gunakan program firewall untuk mencegah program-program yang tidak diperlukan masuk ke dalam komputer.
    Komputer yang terkena Virus
    Gambar : Komputer yang terkena Virus
Sekian artkel kali ini dan untuk melanjutkan mareti silahkan anda membaca artikel selanjutnya tentang ➜ Permasalahan dan solusi pada  komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Troubleshooting Komputer"

Post a Comment

Terimakasih banyak telah sempat untuk menulis komentar di blog ini, smoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Untuk info lebih lanjut silahkan anda bisa untuk menghubungi e-mail dibawah ini :

➧ admin@ilmuasep.com