Pengertian Video Graphic Adapter ( VGA ) - Ilmu Asep Blog

Pengertian Video Graphic Adapter ( VGA )

VGA (Video Graphic Adapter)
VGA atau kartu grafis adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebgai pengolah data grafis sebelum ditampilkan di monitro/projector. Berdasarkan slot/tempat pemasangannya pada motherboard VGA dibedakan menjadi : ISA, PCI, AGP dan PCI Express. Tipe ISA dginakan pada generasi komputer lama seperti 286, 386, dan 486. Tipe PCI digunakan pada generasi pada komputer pentium I 100MHz sampai dengan Pentium MMX. Saat ini hanya ada 2 tipe yaitu AGP dan PCI Express. Tipe AGP (Accelerated Graphic Port) digunakan pada motherboard generasi pentium II, perntium III, dan pentium IV. Sedangkan tipe PCI Express merupakan tipe terbaru digunakan pada moterboard generasi Pentium IV ( D, Dual Core, Core2Duo, Core2 Quiad). Secara fisik VGAA mempengaruhi panjang slot motherboard dan bentuk kaki VGA.
Contoh Gambar VGA PCI Express
Gambar 1.22 : Contoh Gambar VGA Slot PCI Express.
Beberapa motherboar saat ini telah tersedia VGA onboard. Komputer yang digunakan untuk keperluan grafis sepert : desain grafis dan multimedia, pembuatan animasi, pengolahan video dan permainan/game 3 dimensi memerlukan VGA yang kuat dan disarankan tidak menggunakan VGA onboard, kerna untuk pengolahan grafis secara khusus akan membuat VGA cepat panas dan memerlukan pendingin yang ekstra.

Kualitas VGA diukur dari :

  1. Jenis Chipset
    Jenis chipset antara lain : Nvidia Geforce, Ati Radeon, S3 Chrome, Intel Extrame. Contoh chipset dengan kualitas baik saat ini : Nvidoa Geforce FX 5500, Geforce 7800, Ati Radeon, dan jenis VGA masa kini yang masih banyak merek lainnya.
  2. Bersarnya Memory
    Bersarnya memori VGA berpengaruh pada kecepatan akses grafis. Semakin besar memori VGA akan mempercepat pemrosesan grafis. Contoh besarnya memori VGA: 64 MB, 128 MB, 258 MB, 1GB, dan seterusnya.
  3. Sitem Pendingin Yang Baik
    Semakin banyak dan kompleks data grafis yang diolah VGA dapat menyebabkan chipset VGA cepat panas, oleh karena itu diperlukan sistem pendingin ( Fan/kipas dan headsink / alumunium pendingin ) yang baik. sistem pendingin yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebih ( Overheat ) sehingga VGA akan cepat rusak.
    Contoh Gambar Fan VGA - Pendingin VGA Card
    Gambar 1.23 : Contoh Gambar Fan VGA - Pendingin VGA Card
Setelah anda sudah memahami apa itu VGA ( Video Graphic Adapter ) untuk selanjutnya anda akan saya beritahu Cara Memilih dan Membeli Komputer. untuk membaca artikel tersebut silahkan anda tinggal membaca nya : ⇾ Memilih dan Membeli Komputer yang Baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Video Graphic Adapter ( VGA )"

Post a Comment

Terimakasih banyak telah sempat untuk menulis komentar di blog ini, smoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Untuk info lebih lanjut silahkan anda bisa untuk menghubungi e-mail dibawah ini :

➧ admin@ilmuasep.com