Pengenalan Perangkat Keras Hard Disk - Ilmu Asep Blog

Pengenalan Perangkat Keras Hard Disk

➤ Hard Disk
Hard Disk adalah tempat penyimpanan data yang bersifat non-volatile atau data yang disimpan tidak terpengaruh oleh ada tidak nya arus listrik. Penentuan dalam memilih hardisk didasarkan pada kapasitas ruang yang dimilik, kecepatan putar ( RPm), Besarnya memoru internal ( Buffer memory ) dan interface atau atarmuka yang dimiliki. Satuan ukuran kapasitas hardisk adalah byte. Semakin besar kapasitas hardisk semakin banyakpula data-data yang dapat disimpan. Pesatnya perkembangan teknologi miltimedia saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kapasitas hardisk. File data dan file hasil penolahan mutimedia berukuran besar membutuhkan kapasitas hardisk yang besar pula. Saat ini kapasitas hardisk dipasaran bervariasi mulai dari 250GB, 500GB, 1 Tera. Kecapatan putaran motor hardisk satt ini lebih dari 7200RPm. Untuk hardisk berkapasitas besar disarankan menggunakan putaran motor yang tinggi dan memori internal yang besar. Saat ini terdapat dua buah interface atau antar muka hardisk, yaitu IDE, Serial ATA ( SATA ). Serial ATA memiliki keceptan transfer data yang lebih tinggi dibanding dengan EDE ATA. dan dibawah ini merupakan contoh gambar hardisk.
Contoh Gambar Hardisk
Gambar 1.16 Gambar Hardisk
Secara fisik, perbedaan hardisk IDE ATA dengan SATA dapat dilihat dari data dan kabel powernya seperti pada gambar berikut :
Contoh Perbedaan Hardisk IDE dan SATA
Gambar 1.17 Perbedaan Hardisk IDE dan SATA
Mungkin cukup untuk pengenalan hardisk, jadi intinya hardisk digunakan untuk menyimpan data untuk komputer kita, karena tanpa hardisk komputer kita hanya bisa menyala dan tidak bisa dioperasikan karena sistem OS windows akan terinstall di dalam hardisk tersebut. jadi semoga anda bisa memahami tentang Hardware Hardisk ini. 
Setelah anda mempelajari Hardisk Sekarang anda Lebih baik memahami apa itu DVD, CD ROOM. dan silahkan anda klik Lanjutkan Untuk membaca tentang Optical Drive ➜ Lanjutkan Membaca

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Perangkat Keras Hard Disk"

Post a Comment

Terimakasih banyak telah sempat untuk menulis komentar di blog ini, smoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Untuk info lebih lanjut silahkan anda bisa untuk menghubungi e-mail dibawah ini :

➧ admin@ilmuasep.com