Komponen Komputer - Ilmu Asep Blog

Komponen Komputer

Komponen komputer secara garis bersar terdiri 3 komponen :
  1. Perangkat keras / Hardware
  2. Perngkat Lunak / Software
  3. Pengguna yang mengoperasikan Komputer / Brainware
○ Perangkat Keras Komputer / Hardware
Secara garis besar perangkat keras komputer generasi ke empat ( saat ini ) terdiri dari :
1. Piranti Masukan 
Piranti ini berfungsi sebagai alat untuk memasukan data yang akan diproses Komputer. Contoh piranti masukan : Keyboard, mouse, scanner, joystick, web cam, dan lain-lain.
Gambar Mouse dan Keyboard
Gambar 1.1 Keyboard dan Mouse
2. Piranti Pemrosesan
Piranti ini berfunsi sebagai unit sistem untuk memproses data. disebut juga Central Processing Unit ( CPU ) yang bertugas sebgai pusat pemrosesan data atau dapat dikatakan sebgai otak Komputer. Piranti ini umu dengan nama Prossesor. Kinerja komputer sangat tergantung dari piranti ini. Semakin cepat Prossesor yang digunakan dan diimbangi dengan memori RAM ( Random Access Memory ) yang besar, maka kinerja komputer semaikin baik. Satuan kecepatan prosessor adalah Hz. Perbedaan kecaptan ini dikarenan perbadaan lebar data ( Jalan ) yang dimiliki oleh Prosessor.

Terdapat dua merek processor di pasaran yang umu di jumpai saat ini. yaitu : Intel dan AMB. Tabel berikut menyajikan jenis dan merek processor.
 Processor
 Jenis
INTEL
Intel 286, 386, 486
Pentium MMX
Pentium II, III, IV, Celeron
Pentium QuadCore
Xeon
Pentium M, Centrino
-
AMD
AMD K5, K6, K6-2, K7
Duron, athlon
Sempron, Opteron
AMD 64, Turion
Tabel 1.1 Jenis dan merek Processor

Setelah Intel dan AMD, juga masih terdapat merek lain, yaitu Cyrix/VIA yang saat ini jarang di jumpai di pasaran. Prosessor akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

○ Perbedaan Pentium, Celeron, AMD
Pentium adalah generasi porsessor Interl yang paling populer. Pentium menawarkan kelebihan chace (memori internal) yang besar sehingga transfer data yang cepat dan tahan terhadap panas. Selain Pentium, Intel juga mengeluarkan jenis Celeron, yaitu versi ekonomis dan pentium. Harga yang ditawarkan lebih rendah dan Pentium kelasnya. Celeron juga memiliki chace yang lebih rendah dari pada Pentium sekelasnya.
Contoh Gambar Processor Intel Coer2Quad
Gambar 1.2 Contoh Gambar Processor Intel Coer2Quad
AMD ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari INtel sekelasnya dengan kecepatan yang kalah dengan produk Intel sekelasnya. Kelemah dari produk AMD adalah beberapa jenis prosessor yang kurang tahan panas seperti AMD K5, K6, K6-2, K7 dan Athlon sehingga diperlukan sistem pendingin komputer seperti kipas dan headsink yang lebih baik.
Contoh Gambar Processor AMD 64
Gambar 1.3 Contoh Gambar Processor Intel Coer2Quad
3. Piranti Penyimpanan
Dalam sistem pemrosesan data diperlukan memori sebagai penyimpanan data yang akan diproses dan penyimpanan data yang akan diproses dan penyimpanan informasi hasil pemrosesan. Hasil pemrosesan komputer akan disimpan dalam piranti penuimpanan. Contoh piranti ini adalah : Hardisk, Floppy disk ( disket ) CD/DVD, USB Flash disk, dan lain-lain.
Contoh gambar hardisk
Gambar 1.4 Hardisk
4. Piranti Keluaran
Untit ini berfungsi sebgai alat untuk mengeluarkan informasi hasil pemrosesan data, dapat berbentuk tampilan lauar cetak maupun suara. Contoh : Monitor, Printer, Speaker.
Contoh Gambar Monitor
Gambar 1.5 Monitor Komputer
○ Perangkat Lunak Komputer / Software
Secara Garis besar perangkat lunak komputer terdiri dari :

1. Sistem Operasi
Siterm Operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertanggung jawab mengendalikan langsung dan mengelola perangkat keras dan mengoperasikan dasar sistem, termassuk juga menjalankan bermacam aplikasi diatasnya. Contoh : Windows, Linux, FreeBSD, unik, dll.


2. Aplikasi

Aplkasi merupakan perangkat lunak pendukung yang memiliki fungsi teretntu untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas tertentu. Contoh : MS. Office, CorelDraw, Adobe Photoshop, Internet Axplorer, Games, dll.


○ Pengguna
Pengguna atau brainware adalah manusia yang bertugas untuk mengoperasikan sistem komputer.

Lanjut untuk membaca selanjutnya tentang : PERANGKAT KERAS / PERIPHERAL PENDUKUNG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen Komputer"

Post a Comment

Terimakasih banyak telah sempat untuk menulis komentar di blog ini, smoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda. Untuk info lebih lanjut silahkan anda bisa untuk menghubungi e-mail dibawah ini :

➧ admin@ilmuasep.com